Monday 17 November 2014




1.      Penyebaran Abalone
Penyebaran kerang abalone sangat terbatas. Tidak semua pantai yang berkarang terdapat kerang abalone. Secara umum, kerang abalone tidak ditemukan di daerah estuaria yaitu pertemuan air laut dan tawar yang biasa terjadi di muara sungai. Ini mungkin disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya adanya air tawar sehingga fluktuasi salinitas yang sering terjadi, tingkat kekeruhan air yang lebih tinggi dan kemungkinan juga karena konsentrasi oksigen yang rendah.
Abalone bitatnya di daerah pasang surut dan berkarang serta cenderung endemik di Indonesia Timur. Siput ini sifatnya nokturnal yang aktif di Malam hari. Keluarga Haliotidae hanya berisi satu genus, Haliotis. Genus itu mengandung sekitar 4-7 subgenera. Jumlah spesies diakui di seluruh dunia adalah sekitar 100

2.      Cara  Reproduksi :
Abalone tergolong hewan berumah dua atau diocis, yaitu betina dan jantan terpisah. Kematangan gonad induk jantan maupun betina berlangsung sepanjang tahun dengan puncak musim memijah terjadi pada bulan-bulan Juli dan Oktober. Telur yang siap dipijahkan berdiameter 100 µm, di laboraturium telur yang dipijahkan berdiameter rata-rata 183 µm (Cholik et al., 2005).
Proses pemijahan abalone umumnya berlangsung pada malam hari, yakni sekitar pukul 23.00 – 06.00. Pemijahan ditandai dengan induk jantan mengeluarkan sperma dan kemudian diikuti oleh induk betina dengan mengeluarkan sel telur. Abalone yang akan melakukan pemijahan merayap ke permukaan bak, kemudian sperma dan sel telur di semprotkan ke badan air. Air akan berubah menjadi bau amis dan menjadi keruh akibat pengaruh dari sperma dan sel telur yang dikeluarkan. Selain itu, juga terdapat gelembung-gelembung pada permukaan air. Proses embryogenesis berlangsung selama ± 5 – 6 jam dari proses pemijahan, telur akan berubah menjadi throcophor yang akan melayang-layang (planktonis) di badan air. Larva throcophor akan berkembang menjadi larva veliger dan menumbuhkan statosis setelah 30 jam dari proses pemijahan.

0 komentar:

Post a Comment