Saturday 15 November 2014

Pengetahuan, Kemampuan, dan Kemauan Wirausaha
Seorang wirausaha tidak akan berhasil apabila tidak memiliki pengetahuan, kemampuan, dan kemauan. Ada kemauan tetapi tidak memiliki kemampuan dan pengetahuan tidak akan membuat gesëorang menjadi wirausaha yang sukses. Sebaliknya, memiliki pengetahuan dan kemame puan tetapi tidak disertai kemauan tidak akan memasuki/dirintis capai kesuksesan. Beberapa pengetahuan yang harus di miliki adalah: (1) pengetahuan mengenai usaha yang Akan di dimasuki/dirintis dlingkungan usaha yang ada, (2) pengetahuan tentang erah dan tanggung jawab, dan (3) pengetahuan tentang manajeme organisasi bisnis. Sedangkan keterampilan yang harus dimiliki wirausaha di antaranya: (1) keterampilan konseptual dalam mengatur strategi dan memperhitungkan risiko, (2) keterampilan kreatif dalam menciptakan nilai tambah, (3) keterampilan dalam memimpin dan mengelola, (4) kete- rampilan berkomunikasi dan berinteraksi, dan (5) keterampilan teknik usaha yang akan dilakukan.
Untuk menjadi seorang wirausaha yang sukses tentu saja harus me- miliki kompetensi dalam menghadapi risiko,dan tantangan. Oleh sebab itu, ia harus memiliki kompetensi kewirausahaan. Seperti yang dikemu- kakan oleh Michael Harris (2000: 19), "...wirausaha yang sukses pada umumnya adalah mereka yang memiliki kompetensi, yaitu yang memiliki ilmu pengetahuan, keterampilan, dan kualitas individual yang meliputi sikap, motivasi, nilai-nilai pribadi, serta tingkah laku yang diperlukan untuk melaksanakan pekerjaan/kegiatan." Pengetahuan saja tidaklah cukup bagi wirausaha, tetapi juga harus disertai dengan keterampilan. Keterampilan tersebut dapat berupa keterampilan manajerial, keterampi- lan konseptual, keterampilan memahami, mengerti, berkomunikasi, dan berelasi, keterampilan merumuskan masalah dan cara bertindak, kete- rampilan mengatur dan menggunakan waktu, dan keterampilan teknik lainnya secara spesifik. Hanya memiliki pengetahuan dan keterampilan tidaklah cukup. Wirausaha harus memiliki sikap, motivasi, dan komit- men terhadap pekerjaan yang sedang dihadapinya.
Kompetensi diartikan sebagai pengetahuan, keterampilan, dan ke- mampuan individu yang langsung berpengaruh pada hasil, karena wi- rausaha adalah orang yang selalu berorientasi pada hasil.


Read more: http://zonakisaran.blogspot.com/2014/11/Fungsi-dan-Peran-Wirausaha-dilihat-melalui-dua-pendekatan-secara-mikro-dan-makro.html#ixzz3JD4J7apY

0 komentar:

Post a Comment