Monday 31 October 2016



Manajemen merupakan semua aktivitas manusia dalam sebuah organisasi dengan menggunakan sumber daya serta fasilitas yang diperlukan untuk mencapai tujuan tertentu. Sedangkan kewirausahaan adalah sebuah proses untuk menciptakan sesuatu yang baru (lain alias berbeda dengan yang telah ada), dengan menggunakan suatu modal baik waktu, tenaga ataupun uang beserta resiko yang mungkin akan terjadi dengan tujuan untuk mencapai kepuasan, keuntungan serta kebebasan pribadi.
Manajemen Bisnis kewirausahaan ini menyangkut semua yang ada dalam perusahaan. Untuk menjadi seorang wirausaha harus punya 4 kompetensi berikut:
  1. Terfokus pada dasar bukannya teknologi
  2. Buat rancangan pendanaan agar terhindar dari defisit keuangan perusahaan
  3. Bangunlah tim manajemen, bukan perorangan
  4. Beri peran tertentu bagi pihak yang ikut mendirikan usaha (co-founder)


Manajemen Bisnis kewirausahaan ini menyangkut dengan lingkungan internal jadi akan menyangkut kemampuan internal serta eksternal agar dapat bersaing dengan menggunakan keputusan yang strategis. Berikut 4 strategi yang sering digunakan oleh wirausaha:
  1. Berada dipasar pertama dengan produk baru (membuat trend dan pasar yang baru, biasanya bersifat monopoli dan absolut)
  2. Membuat produk baru di pasar yang belum terlayani dengan baik
  3. Fokus produk pada segmen pasar kecil namun dapat bertahan (UMKM)
  4. Mengubah produk serta pasar / industri


Untuk strategi pertama saring digunakan akan tetapi banyak resiko. Bila berhasil tinggal mempertahankan kepemimpinan pasar.
Strategi kedua, kreatifitas digunakan untuk dapat menangkap peluang yang ada. Bisanya banyak imitator (orang yang membuat produk imitasi / bajakan) yang hanya memperbaiki produk yang sudah ada agar punya nilai yang lebih.
Ketiga, strategi ini biasanya digunakan pada perusahaan yang berbasis pada inovasi. Yang akan dilakukan perusahaan tersebut adalah mengubah produk yang sudah ada.
Keputusan yang dapat digunakan pada perusahaan sedang berkembang,
  1. Perusahaan produk, manyangkut pertanyaan, apa yang diinginkan konsumen? Perubahan kebutuhan dapat ditentukan tidak?
  2. Strategi yang menyangkut penetrasi serta ekspansi pasar, diversifikasi produk, integrasi regional atau ekspansi usaha
  3. Strategi agar dapat memodifikasi staregi yang sudah ada agar dapat menghadapi persaingan
  4. Penentuan harga dalam jangka pendek atau panjang
  5. Interaksi perusahaan dengan masyarakat luas
  6. Pengaruh pertumbuhan mempengaruhi masalah likuiditas.
  7. Kemampuan untuk memperoleh investor
  8. Analisis Sumber Daya Manusia
  9. Analisis pesaing yang baik


Perencanaan usaha merupakan suatu laporan yang berisi dengan misi, usulan, operasional, rincian usaha serta kemampuan pengelolaan. Sedangkan fungsinya, sebagai pedoman untuk memperoleh tujuan, sebagai alat untuk pengajuan modal dari pihak luar.
Adapun aspek pengelolaan keuangan, sebagai berikut:
  1. Aspek sumber dana, dari intern serta eksternal
  2. Aspek penggunaan serta perencanaan dana, biaya awal, proyeksi keuangan
  3. Aspek pengawasan
Nah berikut ini adalah teknik serta strategi pemasarannya
  1. Perencanaan pemasaran
  2. Bauran pemasaran
  3. Kiat pemasaran usaha baru
Fungsi-fungsi Manajemen Bisnis Kewirausahaan

Proses untuk mencapai tujuan ini  dituangkan dalam fungsi-fungsi manajemen Bisnis Kewirausahaan  sebagai berikut :

A.    Fungsi  Perencanaan ( Planning ) ;  proses perencanaan  adalah bagaimana menentukan arah  yang akan ditempuh dan kegiatan-kegiatan yang diperlukan dalam pencapaian tujuan perusahaan. Dalam menentukan arah perusahaan diantaranya adalah,   apa yang akan dicapai bagaimana cara mencapainya, kapan dan berapa lama kebutuhan waktu untuk  mengerjakan, serta siapa yang akan melakukan pekerjaannya.  Sehingga diharapkan rencana kerja perusahaan yang telah tersusun ini nantinya dapat digunakan sebagai pedoman dalam bekerja dan sekaligus sebagai tolok ukur atau standar dalam melakukan pengawasannya.

Mengingat begitu banyaknya jenis-jenis  kegiatan yang terdapat dalam suatu perusahaan, maka maka dalam pembahasannya akan dibatasi dan akan dibahas dalam bab tersendiri secara lebih rinci antara lain  ;  dibidang manajemen keuangan seperti  menyususun strategi keuangan perusahaan,  penyusunan  anggaran perusahaan, rencana penggunaan dana atau modal termasuk  sumbernya, perencanaan pemasaran perusahaan dan lain-laiin terutama diperuntukkan bagi perusahaan yang baru berdiri atau perusahaan  dengan skala usaha yang relatif masih kecil dan sederhana.



B.     Fungsi Pengorganisasian ( Organizing ) ;  setelah perencanaan perusahan  selesai dibuat selanjutnya disusun struktur organisasi perusahaan, yaitu mengelompokkan berbagai kegiatan yang ada dalam unit-unit kerja. Tujuannya adalah agar supaya tertata dengan jelas tugas dan fungsi dari masing-masing unit dan orang-orang yang terlibat dalam kegiatan perusahaan.  Adapun struktur organisasi yang akan dibahas adalah struktur organisasi untuk perusahaan yang baru didirikan yang relatif skala usahanya masih kecil, dengan volume pekerjaan yang relatif belum banyak dan penggunaan tenaga kerja yang masih terbatas. Pengorganisasian perusahaan dan fungsi pengarahan akan dibahas dalam sub-bab tersendiri secara lebih rinci.

C.     Fungsi Pengarahan ( Actuating ) ;  adalah mengerakkan dan mengarahkan orang-orang yang terlibat dalam organsasi perusahaan agar menjalankan tugas sesuai dengan tugas dan wewenangnya yang telah ditentukan atau sesuai dengan uraian tugasnya ( job description ). Agar mereka dapat melaksanakan pekerjaan sesuai dengan uraian tugas sudah tentu  dengan cara memberikan perintah, petunjuk, dan motivasi  dengan berpedoman pada rencana yang telah disusun di atas.

D.    Pengendalian atau pengawasan ( Controlling ) ; adalah kegiatan untuk melakukan pengukuran terhadap kinerja perusahaan apakah pencapaian tujuan sudah sesuai dengan rencana atau standar yang telah ditetapkan. Disinilah   atau perlunya peranan pengendalian  yaitu meluruskan kegiatan-kegiatan yang mungkin terjadi penyimpangan dalam pencapaian tujuan. Salah satu cara melakukan pengawasan  perusahaan  akan dibahas dalam sub-bab tersendiri secara lebih rinci.


0 komentar:

Post a Comment